PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI SUATU STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM DI INDONESIA

Authors

  • Dedi Kurniawan, Muana Nanga

Abstract

Kebijakan dan praktik pembangunan yang dianut banyak negara sedang berkembang terutama selama kurun waktu 1950-an hingga awal 1970-an, di mana peningkatan pertumbuhan ekonomi dijadikan sebagai tujuan utama pembangunan telah menimbulkan kekecewaan di kalangan para pembuat kebijakan terutama sekali di negara-negara sedang berkembang. Strategi industrialisasi yang menekankan pada pengembangan sektor industri terutama industri besar di daerah-daerah perkotaan (urban areas) dipilih sebagai strategi yang tepat untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Hasil yang dicapai memang spektakuler di mana hampir semua negara sedang berkembang mampu mencapai laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi yaitu rata-rata sebesar 6 persen per tahun. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi yang berhasil dicapai negara-negara sedang berkembang tersebut ternyata tidak berhasil mengurangi kemiskinan, ketimpangan penda-patan dan pengangguran dalam berbagai bentuknya yang menimpa negara-negara sedang berkembang tersebut. Asumsi bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi itu akan secara otomatis menyebar (automatically trickle-down) kepada kaum miskin dalam bentuk lapangan kerja dan peluang-peluang ekonomi lainnya, ternyata tidak menjadi kenyataan. Bahkan ada indikasi di mana masalah-masalah, seperti kemiskinan (poverty), ketimpangan dalam pembagian pendapatan (income inequality) dan pengangguran (unemployment), justru menunjukkan adanya kecenderungan semakin memburuk dari tahun ke tahun (Todaro dan Smith, 2015).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-07-09

Issue

Section

Jurnal Transformatif